Menu Mie Lidi Lamis

Menentukan Kebutuhan Pelatihan Makro

1.        TNA Makro kewilayahan (S2 UNNES)

 

1.1    Kondisi Mahasiswa Pasca UNNES 2020

No

URAIAN

Laki –laki

Perempuan

JUMLAH

1.

Total Mahasiswa S2 UNNES aktif per 2020

1312

1883

3195

2.

Total Mahasiswa S2 Semester 3 (angkatan 2019)

280

398

678

 

-   

 

 

 

Sumber Data : UNNES (http://data.unnes.ac.id/)

 

1.2    Kondisi  Lembaga Pelatihan Kerja Daerah di Semarang

No

Status

Lembaga

Banyaknya

Bidang keahlian

Tingkat / jenjang

1

BALAI LATIHAN KERJA LUAR NEGERI (BLKLN) Propinsi Jawa Tengah

1

1. Penatalaksana rumah tangga ( TUK ) 2. Pelatihan Bahasa

3. Tata Graha

4. Tata Boga

5. Perawatan Lansia

6. Perawatan Bayi dan Anak

Non Jenjang

2

UPTD BLK Kota Semarang

1

1. Menjahit Cepat

2. Membatik

3. Komputer

4. Teknisi HP

5. Desain Grafis

6. Tata Rias

7. Modiste

8. Tata Boga

Non Jenjang

2.

Lembaga pelatihan

Kerja swasta

88

Tata niaga

Tata rias

Bahasa inggris

Menjahit

Pelatihan Komunikasi

Sektor Penyiaran TV

Fotografi, dan Multimedia dll

Non Jenjang

Sumber Data : http://naker.semarangkota.go.id/2020/asset/file/ec511290089ba324a9824215c3d65d20.pdf

 

1.3    Analisis Sumberdaya Pelatihan ( LPK ) di Kota Semarang

No

Obyek yang Dianalisis

Ketersediaan

Banyaknya

% kelayakan digunakan

Keterangan

Ada

Tidak ada

1.

LPK Pemerintah

V

 

2

 

 

 

-    SDM pelatihan

V

 

NA

 

 

 

-    Peralatan

V

 

-

 

Tidak ada data

 

-    Program

V

 

NA

 

 

 

-    Ruang teori / bengkel

V

 

NA

 

 

2.

LPK swasta

V

 

88

 

Tidak ada data

 

-    SDM pelatihan

 

 

-

-

Tidak ada data

 

-    Peralatan

 

 

-

-

Tidak ada data

 

-    Program

 

 

-

-

Tidak ada data

 

-    Ruang teori / bengkel

 

 

-

-

Tidak ada data

 

 

 

 

 

 

 

Sumber: http://naker.semarangkota.go.id/2020/asset/file/ec511290089ba324a9824215c3d65d20.pdf Daftar

 

1.4 Permasalahan  Pelatihan ( LPK ) di Kota Semarang

No

Uraian masalah pelatihan

Kebutuhan pelatihan

1.

Segmen yang dibidik adalah lulusan SMA sederajat bukan Sarjana khususnya S2.

Butuh pelatihan untuk sector lain dengan jenjang pendidikan yang lebih tinggi  

2.

Rendahnya minat untuk menjadi wirausaha.

Pelatihan motivasi wirausaha

 

 

 

 

1.4         Analisis Masalah Kesempatan Kerja di Kota Semarang

No

Sektor

Uraian masalah

1

Industri

Terdapat kesempatan kerja di sektor industri tetapi belum bisa terpenuhi disebabkan belum terjadi keterkaitan dan kesepadanan antara kompetensi yang diminta di DU / DI dengan pencari kerja.

2.

Pariwisata

Sedikitnya minat angkatan kerja untuk mengelola usaha pariwisata/bekerja di sektor pariwisata

3.

Perhotelan

Banyaknya jumlah pencari kerja yang tidak sesuai dengan jabatan

4.

Pertanian

Rendahnya minat angkatan kerja, lahan yang sempit dan keterampilan bertani yang kurang

5

perdagangan

 

Rendahnya minat berwirausaha angkatan kerja terutama berbasis online

6

Pendidikan

Rendahnya pengetahuan masyarakat tentang peluang usaha di sector pendidikan, terutama dengan adanya kemajuan teknologi dan pandemic covid yang memaksa SFH (School from Home)

 

 

 

 

1.5       Daftar Kebutuhan Pelatihan Kerja di Kota Semarang

No

Kebutuhan pelatihan

Bidang keahlian

1.

Pelatihan bagi pencari kerja untuk memiliki kompetensi guna memenuhi kesempatan kerja di sektor industri,

Otomotif,

Las

Elektronik

Kerja logam

2.

Pelatihan motivasi wirausaha

Kewirausahaan

Manajemen usaha

Start up

3

Kepelatihan dalam pendidikan/sekolah

Media pembelajaran

Pembelajaran online

Pemasaran pendidikan

 


 


    2.        TNA Makro Organisasi

Organiasi                   : PASCA SARJANA UNNES

Bisnis line                 : PENDIDIKAN

Ukuran Company    : NASIONAL

No.

Uraian

Kondisi 

saat ini

Kondisi yang diharapkan

Yang diperlukan

Kebutuhan pelatihan

1.

Visi, Misi

std

std

Sosialisasi utk staf baru

Tidak (superior coach)

2.

Goal/Sasaran

Rencana kerja 2021

Market share Nasional:

-        

 

 

 

 

3.

Strategi

-       Marketing

-       Operation

 

 

 

 

4.

Jumlah Mahasiswa Pasca sarjana

 

Angkatan 2019 (Sem 3)

3195

 

 

678

 

-       Kompetensi yang masih minim

-       Jarang yang mengikuti pelatihan pelatihan

Kepelatihan trainer

5.

Dorongan Eksternal

Banyaknya pengangguran lulusan pascasarjana

Lulusan Pasca UNNES bisa membuka usaha mandiri terutama dibidang pendidikan

Aturan mengikuti kepelatihan sebagai kompetensi tambahan

Kepelatihan trainer

Kepelatihan kewirausahaan

 

Kesimpulan TNA makro:

Kebutuhan training (hard skill & soft skill) 2021 adalah:

1.    Pelatihan untuk semua mahasiswa S2 UNNES bidang trainer khususnya bidang pendidikan

2.    Pelatihan untuk semua mahasiswa S2 UNNES khususnya bidang kewirausahaan jasa pendidikan


Komentar