Menentukan
Kebutuhan Pelatihan Makro
1.
TNA Makro kewilayahan
(S2 UNNES)
1.1
Kondisi Mahasiswa Pasca UNNES
2020
No |
URAIAN |
Laki –laki |
Perempuan |
JUMLAH |
1. |
Total
Mahasiswa S2 UNNES aktif per 2020 |
1312 |
1883 |
3195 |
2. |
Total
Mahasiswa S2 Semester 3 (angkatan 2019)
|
280 |
398 |
678 |
|
- |
|
|
|
Sumber Data : UNNES
(http://data.unnes.ac.id/)
1.2
Kondisi Lembaga Pelatihan Kerja Daerah di Semarang
No |
Status Lembaga |
Banyaknya |
Bidang
keahlian |
Tingkat /
jenjang |
1 |
BALAI LATIHAN KERJA LUAR NEGERI (BLKLN) Propinsi Jawa Tengah |
1 |
1. Penatalaksana rumah tangga ( TUK ) 2. Pelatihan
Bahasa 3. Tata
Graha 4. Tata Boga 5. Perawatan Lansia 6. Perawatan Bayi dan Anak |
Non Jenjang |
2 |
UPTD BLK Kota Semarang |
1 |
1. Menjahit Cepat 2. Membatik 3. Komputer 4. Teknisi HP 5. Desain Grafis 6. Tata Rias 7. Modiste 8. Tata Boga |
Non
Jenjang |
2. |
Lembaga
pelatihan Kerja swasta |
88 |
Tata niaga Tata rias Bahasa inggris Menjahit Pelatihan Komunikasi Sektor Penyiaran TV Fotografi, dan Multimedia dll |
Non Jenjang |
Sumber
Data : http://naker.semarangkota.go.id/2020/asset/file/ec511290089ba324a9824215c3d65d20.pdf
1.3
Analisis Sumberdaya Pelatihan
( LPK ) di Kota Semarang
No |
Obyek yang Dianalisis |
Ketersediaan |
Banyaknya |
% kelayakan digunakan |
Keterangan |
|
Ada |
Tidak ada |
|||||
1. |
LPK Pemerintah |
V |
|
2 |
|
|
|
-
SDM
pelatihan |
V |
|
NA |
|
|
|
-
Peralatan |
V |
|
- |
|
Tidak ada data |
|
-
Program
|
V |
|
NA |
|
|
|
-
Ruang
teori / bengkel |
V |
|
NA |
|
|
2. |
LPK swasta |
V |
|
88 |
|
Tidak ada data |
|
-
SDM
pelatihan |
|
|
- |
- |
Tidak ada data |
|
-
Peralatan |
|
|
- |
- |
Tidak ada data |
|
-
Program
|
|
|
- |
- |
Tidak ada data |
|
-
Ruang
teori / bengkel |
|
|
- |
- |
Tidak ada data |
|
|
|
|
|
|
|
Sumber: http://naker.semarangkota.go.id/2020/asset/file/ec511290089ba324a9824215c3d65d20.pdf
Daftar
1.4 Permasalahan Pelatihan ( LPK ) di Kota Semarang
No |
Uraian masalah pelatihan |
Kebutuhan pelatihan |
1. |
Segmen
yang dibidik adalah lulusan SMA sederajat bukan Sarjana khususnya S2. |
Butuh
pelatihan untuk sector lain dengan jenjang pendidikan yang lebih tinggi |
2. |
Rendahnya minat
untuk menjadi wirausaha. |
Pelatihan
motivasi wirausaha |
|
|
|
1.4
Analisis Masalah Kesempatan
Kerja di Kota Semarang
No |
Sektor |
Uraian masalah |
1 |
Industri |
Terdapat
kesempatan kerja di sektor industri tetapi belum bisa terpenuhi disebabkan
belum terjadi keterkaitan dan kesepadanan antara kompetensi yang diminta di
DU / DI dengan pencari kerja. |
2. |
Pariwisata |
Sedikitnya minat
angkatan kerja untuk mengelola usaha pariwisata/bekerja di sektor pariwisata |
3. |
Perhotelan |
Banyaknya jumlah
pencari kerja yang tidak sesuai dengan jabatan |
4. |
Pertanian |
Rendahnya minat angkatan
kerja, lahan yang sempit dan keterampilan bertani yang kurang |
5 |
perdagangan |
Rendahnya minat
berwirausaha angkatan kerja terutama berbasis online |
6 |
Pendidikan |
Rendahnya pengetahuan masyarakat tentang peluang
usaha di sector pendidikan, terutama dengan adanya kemajuan teknologi dan
pandemic covid yang memaksa SFH (School from Home) |
|
|
|
1.5
Daftar Kebutuhan Pelatihan
Kerja di Kota Semarang
No |
Kebutuhan pelatihan |
Bidang keahlian |
1. |
Pelatihan bagi
pencari kerja untuk memiliki kompetensi guna memenuhi kesempatan kerja di
sektor industri, |
Otomotif, Las Elektronik Kerja logam |
2. |
Pelatihan
motivasi wirausaha |
Kewirausahaan Manajemen usaha Start up |
3 |
Kepelatihan
dalam pendidikan/sekolah |
Media
pembelajaran Pembelajaran
online Pemasaran
pendidikan |
2.
TNA Makro Organisasi
Organiasi :
PASCA SARJANA UNNES
Bisnis line : PENDIDIKAN
Ukuran Company : NASIONAL
No. |
Uraian |
Kondisi saat ini |
Kondisi yang diharapkan |
Yang diperlukan |
Kebutuhan pelatihan |
1. |
Visi,
Misi |
std |
std |
Sosialisasi
utk staf baru |
Tidak
(superior coach) |
2. |
Goal/Sasaran Rencana kerja 2021 Market share
Nasional: - |
|
|
|
|
3. |
Strategi - Marketing - Operation |
|
|
|
|
4. |
Jumlah
Mahasiswa Pasca sarjana Angkatan 2019
(Sem 3) |
3195 678 |
|
-
Kompetensi yang masih minim -
Jarang yang mengikuti pelatihan pelatihan |
Kepelatihan trainer |
5. |
Dorongan
Eksternal |
Banyaknya
pengangguran lulusan pascasarjana |
Lulusan
Pasca UNNES bisa membuka usaha mandiri terutama dibidang pendidikan |
Aturan
mengikuti kepelatihan sebagai kompetensi tambahan |
Kepelatihan trainer Kepelatihan kewirausahaan |
Kesimpulan
TNA makro:
Kebutuhan
training (hard skill & soft skill) 2021 adalah:
1. Pelatihan untuk semua mahasiswa S2 UNNES bidang
trainer khususnya bidang pendidikan
2. Pelatihan untuk semua mahasiswa S2 UNNES khususnya
bidang kewirausahaan jasa pendidikan
Komentar
Posting Komentar